Mata Minus, Coba terapi dengan Wortel

mata-minus-coba-dengan-wortel

Banyak mitos terkait mata yang masih simpang siur kebenarannya. Yang paling sering kita dengar adalah wortel yang katanya bisa menyembuhkan mata minus. Bagaimana pendapat Prof. Dr Ketut Niti Susila, Sp.M(K) terkait pernyataan ini. Berikut penjelasannya.

Mitos : Makan wortel dapat menyembuhkan mata minus.

Fakta : Wortel memang makanan yang mengandung betakaroten yang berfungsi antioksidan. Mata seringkali dikaitkan dengan Vitamin A, dan betakaroten adalah inti dari Vitamin A. Memang, mengkonsumsi wortel dianjurkan kepada penderita kelainan refraksi seperti minus, namun ditegaskan ini bukan untuk menyembuhkan tapi lebih kepada mempertahankan atau memperlambat bertambahnya besarnya ukuran kaca mata. Tak hanya wortel semua buah yang berwarna kuning dan merah juga sayuran hijau mengandung zat yang tinggi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan kulit menguning ( bukan sakit kuning), karena Vitamin A tidak bisa terbuang berbeda dengan vitamin lain. Minus pada anak biasanya bertambah terus karena bola mata pada anak terus membesar dan melonjong, namun sumbu penglihatan anak panjangnya sama atau tidak berubah.

Mitos : Membaca sambil tiduran bisa membuat mata minus.

Fakta : Benar, khususnya untuk anak. Karena tanpa disadari semakin lama media baca akan semakin dekat dengan mata, dan mata dipaksa bekerja keras dengan berakomodasi maksimum. Minus pada mata orang dewasa tidak terlalu berpengaruh. Bisa dikurangi dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat.

Mitos : Mata minus adalah keturunan

Fakta : Tidak benar. Minus dapat terjadi pada siapa saja, terutama bagi mereka yang beraktivitas ditempat gelap dan juga mereka yang berinteraksi secara intens didepan komputer, televisi, dan gadget. Mata minus merupakan salah satu gangguan mata yang menyebabkan seseorang tidak bisa melihat suatu obyek atau benda dengan normal pada jarak yang terlalu jauh. Biasanya obyek yang dilihat dalam jarak jauh akan menjadi tidak fokus atau buram.

Jadi sebelum anda memakai kaca mata alangkah baiknya anda menjaga kesehatan mata anda.

 

Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.