Konsumsi Suplemen Teratur Bikin Tubuh Bugar

Suplemen adalah makanan atau bahan kimia untuk menambah stamina ada yang dikemas dalam bentuk tablet maupun minuman.
Berikut adalah suplemen untuk menjaga tubuh bugar:

1. Boron
Boron baik untuk menjaga kesehatan. Dengan konsumsi  boron maksimal 65 persen akan mengurangi terkena kanker prostat.
Anda hanya membutuhkan 3 miligram setiap hari. Boron selain untuk mencegah kanker, menurut beberapa penelitian boron juga membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda.
Karena obat ini tidak dijual bebas maka sebagai penggantinya makanlah kismis atau almond.

2. Kalsium
Konsumsi kalsium sebanyak 1000 mg atau kurang lebih setara dengan 3 gelas susu. Minumlah misalnya 1 gelas di pagi hari, 1 gelas di siang hari dan 1 gelas lagi di malam hari.

3. Chromium
Chromium merupakan suplement pembentuk otot. Pilih chromium picolinate dengan asupan harian sebesar 35 microgram. Menurut beberapa studi, chromium picolinate merupakan jenis chromium yang paling efektif.

4. Vitamin E
Menurut  Jeffrey Blumberg, Ph.D., profesor nutrisi dari Tufts University, Vitamin E  dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata, penyakit jantung, kanker, bahkan penyakit Alzheimer.
Studi menunjukkan vitamin E juga mengurangi kerusakan otot pasca berolahraga.
Anda membutuhkan Vitamin E sebanyak 400 IU setiap harinya. Banyak orang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Multivitamin biasa pun hanya mengandung vitamin E sebesar 45 IU.

Makanlah makanan kacang-kacangan dan sejumlah minyak sehat. Konsumsi lah vitamin E alami (d-alpha tocopherol) karena lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan yang sintetis (dl-alpha tocopherol) .

5. Coenzyme Q10
Coenzyme Q10 bisa membantu sel-sel mengelola persediaan energi tubuh Anda. enzym ini di hasilkan oleh tubuh, namun saat usia  bertambah produksinya menurun.
Beberapa studi di luar negeri menunjukkan coenzyme Q10 bisa mencegah kanker, penyakit Parkinson dan penyakit Huntington, juga bisa mengencerkan darah sehingga bisa  mencegah penyakit jantung.
Peneliti menganjurkan untuk mengkonsumsi 100 mg coenzyme Q10 setiap harii.

6. Creatine
Menerutu seorang peneliti dari Australia setelah mengkonsumsi Creatine selama 6 minggu dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Tubuh membutuhkan sekitar  5 gram setiap harinya.

7. Asam Omega-3
Asam omega-3 berfungsi menjaga tekanan darah dan kadar trigliserida tetap rendah dan jantung berdetak secara teratur. Asam ini juga membuat darah tetap licin, mengurangi risiko pembekuan darah dan arteri tersumbat.
Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang  memiliki kadar asam omega-3 cukup memiliki risiko rendah untuk meninggal akibat serangan jantung.
Anda membutuhkan 1.000 miligram asam omega-3 setiap harinya. Sedangkan Pria yang memiliki masalah jantung anda dianjurkan mengkonsumis Asam Omega-3  sekitar 2.000-4.000 miligram.
Sebelumnya diharuskan  konsultasikan dulu dengan dokter Anda karena terlalu banyak mengonsumsi asam omega-3 akan meningkatkan risiko terserang flu.

8. Asam Folat
Asama folat dapat ditemukan pada makanan  seperti jeruk, kacang-kacangan, roti dan sereal.
Asam folat  berfungsi mencegah penyumbatan arteri dan meningkatkan aliran darah ke otak dengan menekan kadar homosistein. Anda cukup mengkonsumsi 500 microgram asam folat per hari.

9. Glucosamine
Suplemen glucosamine yang diperlukan perharinya adalah 1.500 miligram. Bisa juga dengan menggunakan krim yang terbuat dari glucosamine untuk meredakan nyeri.

British Journal of Sports Medicine juga mengungkapkan bahwa 88 persen penderita masalah sendi dilaporkan mengalami pengurangan rasa nyeri setelah mengonsumsi glucosamine selama 12 minggu.

Ada sejumlah orang yang tak memiliki jumlah tulang rawan sebanyak orang normal. Untuk mencegah kerusakan tulang akibat hal ini sekaligus membangun kembali tulang rawan Anda, orang-orang dengan gangguan semacam ini disarankan untuk mengonsumsi suplemen glucosamine yang terbuat dari cangkang kepiting dan lobster.

Dalam sebuah studi selama 3 tahun dan melibatkan 200 partisipan yang menderita masalah sendi serta dipublikasikan dalam jurnal Lancet ditemukan bahwa glucosamine mengurangi nyeri dan kekakuan sendi hingga lebih dari 25 persen dan membantu mencegah perkembangan osteoarthritis di lutut.

10. Selenium
Anda membutuhkan sebesar 200 microgram perhari, namun dosisnya akan bertambah jika Anda sedang jatuh sakit.

“Tak ada nutrisi tunggal yang mampu mencegah kanker seefektif selenium,” ujar Gerald F. Combs, Ph.D., direktur Grand Forks Human Nutrition Research Center, USDA. Pada dasarnya, suplemen ini mampu memaksa sel-sel kanker untuk menghancurkan dirinya sendiri. Combs juga mengaitkan peningkatan konsumsi selenium dengan penurunan risiko kanker prostat, usus besar dan paru-paru.

Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.