Gaya Hidup Sehat denga Diet Sehat

Program diet yang sukses adalah, diet yang menjadi gaya hidup yang menetap, bukan cuma beberapa hari dan tidak kembali ke prilaku yang lama. Diet adalah manajemen makan. Tubuh yang langsing dan keren, refleksi dari tubuh yang sehat. Berikut program diet yang dianjurkan praktisi gaya hidup sehat dr. Dr. Phaidon Toruan!

  1. Olah raga. Olah raga teratur dapat menjaga kesehatan. Lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki keliling taman, keliling lapangan atau keliling komplek perumahan, naik sepeda, lari-lari kecil.
  2. Kurangi Gula. Gula adalah zat yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin tinggi, atau insulin spike. Tubuh memproduksi insulin agar gula dapat segera masuk ke dalam sel tubuh. Apabila tubuh dipaksa terus-menerus menerima gula dalam konsentrasi tinggi, maka fungsi insulin menjadi berkurang. Akibatnya, kita berisiko menderita diabetes, kegemukan, hipertensi, penyakit jantung koroner atau stroke.
  3. Makan Buah Sebelum Makan. Camilan yang terbaik untuk tubuh adalah buah. Dalam sehari, bagus kalau mengkonsumsi dua macam buah atau lebih dan dimakan tiga kali sehari. Buah yang dijus juga boleh. Makan buah sepiring sehari membuat usus seperti dicuci, akibatnya metabolisme tubuh juga akan bertambah baik. Dengan makan buah sebelum makan maka perut terisi lebih dahulu, jadi kalori yang masuk lebih sedikit, Vitamin dan mineral yang masuk akan membantu proses pengolahan sumber energi yang dimakan, sehingga mengurangi risiko kanker, osteoporosis dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.
  4. Konsumsi Karbohidrat Kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang kaya akan serat, artinya pelepasan gula darah akan stabil. Contoh: roti gandum utuh, beras merah, kentang dengan kulitnya. Karbo kompleks lebih sukar disimpan sebagai lemak, untuk itu lebih sehat, lebih langsing, dan berkhasiat mengurangi selulit.
  5. Bebas Minyak Gorengan. Kadar lemak jenuh yang dihasilkan melalui proses penggorengan akan menimbulkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat inilah pemicu penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit degeneratif lainnya.

Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.