Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan pada dasarnya bisa anda lakukan sendiri, jika anda dari awal sudah merasakan ada yang aneh pada daerah sekitar mulut anda.

Sariawan dalam istilah kedokteran disebut “Stomatitis” yaitu peradangan pada selaput lendir atau lapisan mukosa pada mulut. Bisa terjadi didalam mulut, gusi, lidah, langit-langit mulut. Pada mulanya sariawan ini ditandai dengan adanya jaringan mukosa yang memerah, lalu terbentuklah luka, bisa bulat, oval, bahkan tidak beraturan tetapi mempunyai batas yang tegas dan memiliki tepi. Lukanya memang kelihatannya sepele, tetapi sakitnya sangat tidak nyaman dan mengganggu, apalagi disaat makan, berbicara, bahkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut.

Sariawan biasanya timbul karena kurang vitamin c, penyebab utamanya memang tidak bisa diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang bisa memicu sariawan ini muncul. Faktor tersebut antara lain keturunan, kurang vitamin c, zat besi, asam folat, luka tergigit pada mulut, stress, gangguan kekebalan tubuh, serta infeksi atau virus.

Resep ini bisa dicoba disaat anda sariwan.

Bahan

  1. Rimpang Temulawak 1 jari
  2. Buah Asam 1 jari
  3. Gula Aren secukupnya
  4. Air secukupnya

Rebus semua bahan dengan satu gelas air, hingga mendidih dan air rebusan hanya tersisa 1/2 gelas, minum pagi dan sore. Dalam 2-3 hari sariawan anda akan hilang.  Apabila masih berlanjut, sariawan anda tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

Cara Mencegah Sariawan

  1. Hindari makanan yang terlalu pedas dan panas.
  2. Berhati-hatilah saat anda menggosok gigi agar tidak menimbulkan luka didalam mulut.
  3. Usahakan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut.
  4. Jaga daya tahan tubuh anda dengan makan makanan seimbang.
  5. Tidak merokok.

Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.