Cara Mengendalikan Emosi

Bagaimana cara Mengendalikan Emosi tentunya berbeda- beda pada setiap individu, semua tergantung dari apa yang akan mereka lakukan, apa yang mereka alami, apa yang mereka rasakan. Ada beberapa Cara Mengendalikan Emosi, tentunya kita akan sedikit membahasnya disini.

Kita adalah manusia biasa, bukan Dewa. yang setiap saat bisa marah atau emosi, wajar bukan? dan sungguh manusiawi. Tetapi aneh rasanya bila setiap saat kita marah tanpa ada alasan yang jelas atau mencari-cari kesalahan orang agar terlampiaskan emosi kita.

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengendalikan perasaan kita, jika berpikiran negatif perasaan juga cenderung untuk negatif, jadi cobalah berpikiran positif niscaya perasaan anda juga positif.

Dengan mengendalikan perasaan maka akal kita yang akan mengendalikan perasaan tersebut bukan perasaan yang mengendalikan akal. Emosi adalah sinyal negatif, jika anda merasa ada yang tidak beres dengan diri anda mulailah dengan menarik nafas dalam-dalam, berdoa, beristirahat, mendengarkan musik yang anda suka, atau bisa juga pergi keorang yang bisa anda percaya untuk  bisa anda ajak bercerita ( curhat ). Tanyakan kembali kepada diri anda, seberapa gawat masalah yang anda hadapi sehingga anda harus benar- benar marah besar? atau jangan- jangan ini hanya masalah salah paham dan sepele kelihatannya.
Yakinkan diri anda bahwa emosi bisa menimbulkan kesalahan atau kebodohan, kenapa tidak bisa memaafkan untuk sebuah kesalahan atau kebodohan?  Mengendarai motor atau mobil saja, secara tidak sengaja mungkin anda mengumpat dengan orang yang baru saja mendahului kendaraan anda, kendalikan dan segera lupakan saja, anggap saja jika mereka dalam kondisi gawat dan harus buru-buru. Kenpa harus keluar kata-kata yang seharusnya tidak anda ucapkan kepada orang yang membuat anda Emosi? Pikirkan Seribu kali untuk melakukan ini, kenapa anda harus menyakiti hati orang lain dulu baru kemudian meminta maaf ?

Bukan benar dan salah yang dicari tapi, bisakah kita mengambil keputusan yang tepat disaat hati sedang emosi atau kacau? Patut anda pertimbangkan lagi. Yang terakhir adalah perasaan negatif dan suasana hati dipengaruhi banyak faktor. Bisa jadi anda sedang lelah, stress, kurang tidur, dan sebagainya. Sehingga anda mencemaskan hal- hal negatif. Dengan melakukan tindakan kecil sederhana seringkali bisa merubah suasana hati. Jangan pernah berhenti untuk bermimpi karena tidak ada yang tidak mungkin didunia ini. Ingatlah selalu  mengucapkan syukur kepada tuhan setiap saat, jangan hanya pergi pagi, pulang malam, kerja capek-capek, marah- marah,  tidak ada hasil, seakan-akan sia-sia saja hidup anda. Semoga anda termasuk orang- orang yang bisa mengendalikan Emosi.

Iklan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.